cool hit counter

PCIM Jerman Raya - Persyarikatan Muhammadiyah

 PCIM Jerman Raya
.: Home > Berita > SEDEKAH RAMADAN 2019M LAZISMU JERMAN KE SIERRA LEONE

Homepage

SEDEKAH RAMADAN 2019M LAZISMU JERMAN KE SIERRA LEONE

Kamis, 06-06-2019
Dibaca: 292

"Dari Muhammadiyah Untuk Dunia"

                                                                                                                                                            
Ramadan 1440H ini, LazisMu Jerman menyalurkan proram Zakat, Fidyah dan Sedekah ke negara Sierra Leone, negara termiskin di dunia yang terletak di Afrika Barat. Penduduk dengan sekitar 80% muslim hidup di bawah garis kemiskinan. Income/pendapat rata-rata penduduk Sierra Leone dibawah 1 Dollar US/hari.

 

Dengan mempertimbangkan alasan tersebut maka Lazismu Jerman tahun ini menyalurkan program Zakat Ramadan 1440H tidak hanya ke tanah air namun juga ke negara Sierra Leone. Kontak person Lazismu Jerman di Sierra Leone adalah Dr. Hamid A. Kanneh, ketua organisasi IIYL (International Islamic Youth League) yang melaksanakan penyaluran fidyah dan zakat dan sadaqa dari LazisMu Jerman di beberapa daerah  di sekitar kota Freetown, Sierra Leone.

 

 

Total penerimaan program Zakat fitrah, fidyah Lazismu Jerman tahun ini adalah sebesar 1.745,00 Euro (seribu tujuh ratus empat puluh lima Euro) atau sekitar kurang lebih 30 juta Rupiah. Muzzaki (pembayar zakat fitrah) yang membayar melalui LazisMu Jerman sangat bervariasi dilihat dari domisili maupun latar belakang Muzzaki. Para Muzzaki tidak hanya berasal dari negara Jerman, juga berasal dari negara tetangga seperti Belanda dan Austria. Latar belakang Muzzaki pun sangat beragam ada yang berstatus mahasiswa, ada WNI mukimin yang tinggal di Jerman dan sekitarnya juga sebagian muzaki adalah WNA yang sebelumnya belum mengenal Lazismu Jerman.

 

 

Penyaluran program ini dilakukan dua kali yaitu penyaluran fidyah yang telah dilaksanakan di sepuluh terakhir bulan Ramadan di Lungi, daerah di sekitar bandara Internasional Sierra Leone yang masih banyak fakir miskin dan terbelakang daerahnya. Di sini LazisMu  memberikan makan 159 fakir miskin muslim  (sesuai jumlah pembayar fidyah dan bilangan hari puasa yang ditinggalkan). Penyaluran kedua adalah penyaluran Zakat fitrah dan sadaqa yang dilakukan hari Rabu, 5 Juni 2019 pagi sebelum dilaksanakan solat Idul Fitri. Pada hari yang suci ini LazisMu Jerman menyalurkan zakat fitrah kepada 495 muslim  dan 110 anak yatim piatu, serta 36 orang penerima fidyah di kota Port Loko, Sierra Leone. Barakallahu fiekum atas kepercayaan yang diberikan Bapak-Ibu, Sdr/Sdri. kepada LazisMu Jerman. (DN)

 


Tags: sedekah, zakat fitrah, LazisMu Jerman, Sierra Leone, fidyah, Sedekah Ramadan, Ramadan 1440 H, Ramadan 2019
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: LazisMu Jerman



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website