cool hit counter

PCIM Jerman Raya - Persyarikatan Muhammadiyah

 PCIM Jerman Raya
.: Home > Berita > Projekt-Q, proyek perdana LAZISMU Jerman Menyalurkan Qurban ke Desa Terpencil

Homepage

Projekt-Q, proyek perdana LAZISMU Jerman Menyalurkan Qurban ke Desa Terpencil

Rabu, 29-08-2018
Dibaca: 121

Untuk pertama kalinya, LAZISMU Jerman menyalurkan qurban di Hari raya Idul Adha 1439 H dari Eropa ke Tanah Air. Kegiatan qurban yang diberi nama dengan Projekt-Q (dibaca dengan fonetik bahasa Jerman; „Proyek Ku“) berusaha memfokuskan penyaluran qurban ke daerah terpencil yakni di Desa Buniwangi, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

 

Kambing kurban Project-Q - LazisMu Jerman

 

Projekt-Q yang merupakan pilot project LAZISMU Jerman yang diprakarsai oleh penggiat-penggiat PCIM Jerman Raya ini dilakukan dengan menghimpun dana qurban dari sohibul qurban warga muslim di Jerman.

 

Sampai batas waktu yang diumumkan menjelang Idul Adha 1439 H, terkumpul uang qurban dari jamaah muslim Jerman dan Austria yang setara dengan 14 ekor domba jantan. Tidak Hanya warga PCIM Jerman Raya yang mempercayakan qurbannya kepada LAZISMU Jerman, namun juga warga muslim Indonesia lainnya secara umum.

 

Penyaluran hewan qurban dilakukan di Kampung Babakan Sirna, RT 15 RW 3, Desa Buniwangi dengan bekerja sama dengan penggiat-penggiat masjid Jamie al Akbar. Untuk kegiatan di lapangan ini, LAZISMU menjalin kerjasama dengan saudara-saudara dari Rumah Aqiqah-Qurban HIdayah untuk pelaksanaan penyembelihan qurbah di tempat.

 

Daging kurban disalurkan kepada yang berhak

 

Dari 14 ekor domba Qurban tersebut, terdapat lebih dari 110 kantung daging Qurban yang berhasil didistribusikan ke warga desa setempat dengan berat masing-masing sekitar satu kilogram.

 

Dalam menunaikan amanah mendistribusikan qurban ke desa Buniwangi, LAZISMU banyak melakukan beberapa terobosan. Pertama, hewan qurban diberi name-tag sesuai dengan nama sohibul qurbannya. Kedua, mendokumentasikan penyembelihan qurban dengan mengabadikannya dengan foto. Dan ketiga, mengabadikan proses pembagian dan penyaluran daging Qurban ke warga desa. Dokumentasi berupa foto-foto tersebut kemudian dikirim ke para sohibul qurban di Jerman dan Austria sebagai informasi bahwa qurban sudah dibagikan, tepat sehari setelah pembagian daging Qurban selesai dilakukan.

 

Sohibul qurban yang mempercayakan qurbannya melalui Projekt-Q LAZISMU bersyukur karena adanya proyek qurban ini, maka keinginan sebagian warga muslim di Jerman-Austria berqurban dapat terlaksana.

 

Berkaca pada keberhasilan proyek qurban perdana LAZISMU Jerman 1439 H ini, banyak hal yang dapat dijadikan bahan evaluasi untuk pengembangan proyek qurban ke depannya. Diharapkan, partisipasi warga muslim di wilayah PCIM Jerman Raya akan meningkat untuk proyek qurban tahun berikutnya.

 

Panitia kurban dan warga setempat


Tags: Idul Adha, LazisMu, Project-Q, qurban, PCIM Jerman Raya, LazisMu Jerman
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website