cool hit counter

PCIM Jerman Raya - Persyarikatan Muhammadiyah

PCIM Jerman Raya
.: Home > Berita > Ilmu Hayat: Penemuan-Penemuan Penting dan Implikasinya bagi Kehidupan Manusia (PENNA Edisi April 2018)

Homepage

Rabu, 30-04-2018
Dibaca: 185

Giessen - Life Sciences (ilmu hayat) adalah disiplin ilmu yang berkembang pesat di abad ke-21 ini. Beberapa penemuan penting ilmu hayat di dunia telah mempengaruhi cara hidup manusia di abad modern ini. Sektor pangan, kesehatan dan farmaseutikal, hingga sektor energi merupakan sektor yang banyak dipengaruhi oleh penemuan-penemuan di bidang Life Sciences tersebut. Banyak dampak positif dari penemuan-penemuan tersebut, namun tidak sedikit pula dampak negatif yang dikhawatirkan akan muncul dari penemuan-penemuan tersebut.

PENNA Edisi April 2018 kali ini menghadirkan Andri Hutari , seorang Doctoral Student bidang Bioprocessing Engineering di TU Berlin, yang juga menjabat sebagai Skretaris Umum PCIM Jerman Raya. Bertindak sebagai moderator adalah Rio Yulendra Dwi Permadi dari Berlin, semestara SS Agus dari Radio PPI Dunia

Life Science (Ilmu Hayat) sendiri adalah ilmu yang mempelajari hewan, tanaman, dan mikroorganisme. Menurut Andri Hutari, trend dari life science sekarang ini adalah lebih ke arah bioteknologi. Bidang bioteknologi ini ada 6 bidang, yaitu:

1. Produksi makanan konvensional, ini dimulai sejak tahun 2000 SM yaitu munculnya produksi makanan dan fermentasi.
  2. Produksi mikroba dan metabolism, seperti jamur & microba, vaksin, asam sitrat (ditemukan oleh Ibnu Hayyan), cell culture, dan lainnya. Asam sitrat digunakan untuk makanan, minuman, kesehatan, farmasi, kecantikan, tekstil dan lain-lain.
  3. Culture cell, ditandai dengan produksi antibiotic (Alexander Flemming).
  4. Biology dan genetic engineering, ditandai dengan penemuan gen. Misalnya: penemuan insulin pada skala lab dengan harga murah.
  5. Aplikasi biologi dan biotechnology yang modern. Ditandai penemuan rekayasa genetic yang lebih maju dan juga robotic.
  6. Perkembangan system biologi dan genetic.

Penemuan penting bioteknologi misalnya: makanan, kesehatan dan farmasi, biofuel, tekstil, dan lainnya. Ini termasuk penemuan Omega-3 DHA yang berguna untuk meningkatkan nilai gizi ikan, telur, dan ternak. Senyawa ini sangat penting untuk pertumbuhan otak dan tubuh.

Tapi tidak semua penemuan-penemuaan life science yang berdampak positif, bahkan ada yang berbahaya. Beberapa penemuan bahkan digunakan dalam perang dan sebagai senjata pemusnah massal. INi menimbulkan kekhawatiran mengenai penyalahgunaan.

Bidang biotechnology sendiri masih memiliki kontroversi terutama mengenai masalah etika terhadap hewan dan manusia. Misalnya menumbuhkan organ tubuh tertentu pada hewan, metode penyuntingan genom, dan lain-lain

Bagaimanakah masalah ini sebenarnya dan bagaimana Islam memandang persoalan tersebut?

Simak secara lengkap di Channel Youtube PCI Muhammaidyah Jerman Raya - (AYK).

Tags: PENNA, lifescience, kajian Islam, kajian online, ilmu hayat, bioteknologi