cool hit counter

PCIM Jerman Raya - Persyarikatan Muhammadiyah

 PCIM Jerman Raya
.: Home > Berita > Antusiasnya mahasiswa Indonesia di Jerman berdiskusi dengan Prof. Soeparwata

Homepage

Antusiasnya mahasiswa Indonesia di Jerman berdiskusi dengan Prof. Soeparwata

Rabu, 23-01-2018
Dibaca: 256

Frankfurt - Tanggal 21 Januari 2018, di bawah dinginnya musim Winter di awal tahun 2018, tidak mengurangi semangat mahasiswa Indonesia yang studi di Jerman dari Frankfurt dan berbagai kota di luar Frankfurt (seperti dari Mainz, Gießen, Mannheim, Heidelberg bahkan yang lebih jauh seperti Karlsruhe) untuk menghadiri diskusi yang diselenggarakan oleh PCIM JR bersama MER-C Deutschland e.V. Diskusi ini bersama Prof. DR.Dr.Med. H. Rasjid Soeparwata SpB, SpB(K)V, SpBTKV(K), seorang ahli bedah kardiovaskuler yang juga pendiri PCIM Jerman , bertempat di Restoran Nur Kuala Lumpur, Frankfurt. Beliau adalah lulusan Jerman dan telah bekerja di rumah sakit Jerman selama bertahun-tahun. Sekarang beliau mengabdikan ilmunya di beberapa fakultas kedokteran di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

 

Prof. Soeparwata menjelaskan tentang pentingnya mahasiswa Indonesia yang belajar di Jerman untuk memperoleh dan mencapai prestasi akademik sebaik-baiknya agar bisa diterima bekerja di manapun berada baik di Jerman maupun bila ingin pulang dan bekerja di Indonesia. Beliau juga mengingatkan  mahasiswa yang studi di Jerman harus memiliki cita-cita dan tujuan yang jelas sejak mulai belajar disini. Dengan memperjelas dan mempertegas tujuan, maka kita dapat lebih mudah mengenali diri dan potensi yang ada.

 

 

Prof. Soeparwata juga menyampaikan tujuan dan perencanaan strategis dengan empat faktor dalam SWOT Analysis yaitu mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (threats). Beliau juga menyemangati mahasiswa yang hadir untuk menjadi mahasiswa yang mandiri , dan berprestasi. Selain itu menjalin hubungan baik dengan sesama kolega dan juga perkumpulan baik yang ada di Jerman (seperti DIGM, MER-C, PCIM JR ataupun yang lainnya) maupun yang ada di tanah air. Ini juga sangat baik untuk bisa saling tukar informasi, dan membangun networking. Dengan bersatu dan bersama , maka kita bisa berbuat lebih banyak untuk masyarakat dan bangsa kita tercinta. Hal ini sesuai dengan semboyan “Gemeinsam sind wir stark” atau bersama kita kuat.

 

 

Acara yang dihadiri kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari mahasiswa berbagai jurusan (antara lain kedokteran, gizi, biomedical engineering, program doktoral) dan berbagai profesi seperti dokter dan perawat. Acara ditutup dengan makan bersama dengan iringan lagu live dari grup nasyid Remaja Harapan (DN).


Tags: diskusi, kedokteran, mahasiswa, bekerja, belajar
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Diskusi



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website