cool hit counter

PCIM Jerman Raya - Persyarikatan Muhammadiyah

 PCIM Jerman Raya
.: Home > Artikel

Homepage

From Frankfurt With Love, PCIM Jerman Raya Bentuk Pengurus dan Program Baru

.: Home > Artikel > Pimpinan Pusat
07 Desember 2015 02:56 WIB
Dibaca: 714
Penulis :

Frankfurt - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Istimewa (PCIM) Jerman Raya telah sukses menyelenggarakan Musyawarah Cabang Istimewa (Musycabis) pada hari Ahad 6 Desember 2015 di Masjid Indonesia Frankfurt. Dihadiri sekitar hampir 20 peserta, musycabis ini mempunyai agenda utama memilih pengurus baru serta menyusun program kerja satu periode kedepan, 2015-2017. Acara ini dimulai pada jam 10.45 waktu Jerman dengan acara pembukaan, tilawatil Quran oleh Khanif Rifqi, prakata panitia lokal oleh Mudzakir dan sambutan PCIM Jerman Raya oleh Ridho Al-Hamdi. Adapun pembawa acara ini adalah Hamzah Hasyim.

Dalam sambutannya, Ridho mengatakan beberapa hal penting tetang keberadaan Muhammadiyah di Jerman Raya ini. Pertama, kita mensyiarkan ajaran Islam yg rahmatan lil alamin di Eropa di saat image Islam sdg buruk di mata barat. Kedua, kita melakukan rekruitmen warga dan simpatisan Indonesia yg berafiliasi ke Muhammadiyah serta orang lokal Jerman unt bergabung dengan persyarikatan ini. Ketiga, sebagaimana pesan ketua PP Muhammadiyah, Dr. H. Haedar Nashir, M.Si, kepada PCIM Jerman Raya bahwa khusus unt PCIM diutamakan paguyubannya daripada organisasinya agar dapat menghimpun anggota sebanyak-banyaknya. "Tentu ini tidak mudah, tetapi kita hanya butuh kerjasama dan kegotongroyongan antar sesama anggota," tambah Ridho. Selain itu, dalam pembahasan program dan isu-isu aktual, PCIM Jerman Raya juga menggarisbawahi perlunya mempromosikan Islam yang berwajah damai dan toleran terhadap siapa saja. "Kita akan senantiasa mempromosikan Islam yg damai dan terorisme itu bukan bagian dari Islam," ungkap Pak Mudzakir, pengurus PCIM Jerman Raya yang juga salah satu petinggi di KJRI Frankfurt. Karena itulah, dalam forum ini kami menyampaikan pesan: from Frankfurt with Love.

Pihak-pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara ini adalah Masjid Indonesia Frankfurt yang telah menyediakan tempat dan keluarga Diyah Nahdiyati, Adi Nur Cahyono dan Hamzah Hasyim atas bantuan konsumsi yang menjadi menu utama selama acara ini berlangsung. Tentunya untuk teman-teman yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk datang ke Frankfurt demi suksesnya acara ini terutama Andri Hutari dan Ahmad Muktaf dari Berlin serta teman-teman dari Stutgart, Heidelberg, Vulda, Eschborn dan Dortmund. Sedangkan dari kota-kota lain belum bisa hadir karena berbagai alasan.

Dalam Musycab tersebut, terpilih sebagai Ketua PCIM Jerman Raya yaitu Ridho Al-Hamdi. Dia adalah mahasiswa doktor Bidang Ilmu Politik di TU Dortmund yang berinisiatif untuk 'menghidupkan' kembali PCIM Jerman Raya (baca Sejarah PCIM Jerman Raya). Terpilih juga dalam musyawarah tersebut yaitu sekretaris, bendahara, koordinator bidang sosial budaya dan seni, bidang kajian dan dakwah Islam, serta bidang IT dan publikasi. Bidang-bidang tersebut disesuaikan dengan program kerja PCIM dalam 2 tahun kedepan. Koordinator wilayah dipilih dengan salah satu tugas utamanya adalah menidentifikasi dan mengkoordinir anggota muhammadiyah di tiap wilayah negara bagian dan juga beberapa negara di sekitar jerman. Adapun pengurus PCIM Jerman Raya periode 2015-2017 adalah sebagai berikut:

 

PELINDUNG:

Dubes RI di Berlin

Konsulat KJRI Frankfurt

Konsulat KJRI Hamburg

 

KETUA: Ridho Al-Hamdi

SEKRETARIS: Hamzah Hasyim

SEKRETARIS: Andri Hutari

BENDAHARA: Diyah Nahdiyati

 

BIDANG-BIDANG

Bidang Seni Budaya dan Olahraga

Ketua: Joko Suseno

 

Bidang Kajian dan Dakwah Islam

Ketua: Zahraini Yumna

Anggota: Septi Panca Sakti

Jamal Habibie

 

Bidang IT dan Publikasi

Ketua: Adi Nur Cahyono

Anggota: Chatila Maharani

 

KOORDINATOR BUNDESSTAAT & NEGARA TETANGGA

Berlin, Brandenburg, Mecklenburg-Vorpommern

Ketua: Ahmad Muktaf Haifani

 

Hamburg, Bremen, Schleswig-Holstein

Ketua: -

Anggota: Ferizal Ramli

 

Hessen, Rheinland Pfalz, Saarland

Ketua: Mudzakir

Anggota: Yunita Tusissiana

Ria Tristya Amalia

Kurnia Putra Wijaya

 

Bayern, Baden-Württemberg

Ketua: Khanif Rifqi

Anggota: Muarrifuzzulfa

 

Nordhein-Westfalen, Niedersachsen

Ketua: Chusnul Septina Ari

 

Thüringen, Sachsen, Aachsen Anhalt

Ketua: Mahran Afina Ghassani Sasmaja

 

Austria & Switzerland

Ketua: Rahmat Adhi Wibowo

Anggota: Nuri Ari Efiana

 

Belgia & Luxemburg

Ketua: Lufi Kartika Sari

Anggota: Ihsan Gumilar

 

"Struktur kepengurusan tersebut belum final, karena kita akan matangkan hingga akhir bulan Desember ini. Mungkin ada penambahan lagi," jelas sekretaris PCIM Jerman Raya yang baru, Hamzah Hasyim, kepada redaksi muhammadiyah.or.id.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas dan ditetapkan juga kantor sekretarit PCIM Jerman Raya di kota Berlin. "Kantor sekretariat telah resmi ada di alamat: Feldzeugmeisterstrasse 1. 10557 Berlin, Germany," terang Andri Hutari, sekretaris PCIM Jerman Raya yang ada di Berlin. (ANC)

 

Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori :

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website